Welcome to my Bandung life journal

This is everyday portraits of Bandung. Please leave a comment if you like it. Thank you.

Home / Catetan / Bandung termasuk Kota yang Layak Huni?
Bandung termasuk Kota yang Layak Huni?

Bandung termasuk Kota yang Layak Huni?

Di sela-sela panasnya berita-berita capres-cawapres dan keputusan MK, ada kabar gembira sekaligus membuat bangga bahwa Bandung termasuk kota yang layak huni di Indonesia di peringkat yang ke-7 dengan nilai 64,4. Ini artinya sebanyak 64,4% dari beberapa warga Kota Bandung yang diwawancara menyatakan bahwa kota yang saat ini mereka tinggali cukup layak dan nyaman berdasarkan tujuh variabel utama, yaitu fisik kota, kualitas lingkungan, transportasi, aksesibilitas, fasilitas, utilitas, ekonomi dan sosial.

Tujuh variabel di atas menjadi pedoman bagi IAP untuk menetapkan 25 ragam kriteria penentuan sebuah kota yang layak mendapat predikat livable city. Ke-25 kriteria tersebut antara lain kualitas penataan kota, jumlah ruang terbuka, perlindungan bangunan bersejarah, kualitas kebersihan lingkungan, tingkat pencemaran lingkungan, ketersediaan angkutan umum, kualitas kondisi jalan, dan kualitas fasilitas pejalan kaki.

Kriteria yang lain adalah ketersediaan fasilitas kesehatan, kualitas fasilitas kesehatan, ketersediaan fasilitas pendidikan, kualitas fasilitas pendidikan, ketersediaan fasilitas rekreasi, kualitas fasilitas rekreasi, ketersediaan energi listrik, ketersediaan air bersih, dan kualitas air bersih. Selain itu adalah kualitas jaringan telekomunikasi, ketersediaan lapangan pekerjaan, tingkat aksesibilitas tempat kerja, tingkat kriminalitas, interaksi hubungan antarpenduduk, informasi pelayanan publik, dan ketersediaan fasilitas kaum difabel.

Hasil survei Indonesian Most Livable City Index 2014 yang digelar oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia diumumkan beberapa hari yang lalu ini menunjukkan tujuh kota yang layak huni di Indonesia di tahun ini, yaitu:

  1. Balikpapan (71,12)
  2. Solo (69,38)
  3. Malang (69,3)
  4. Yogyakarta (67,39)
  5. Palembang (65,48)
  6. Makassar (64,79)
  7. Bandung (64,4)

Kini dengan Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung yang baru, nampaknya kota Bandung terus berbenah diri agar semakin nyaman dan layak huni dan investasi. Kota Bandung mengejar sedang target untuk menjadi destinasi wisata internasional dengan menggelar event-event skala dunia nantinya. Alun-alun kota sedang dibenahi dengan desain yang lebih hijau dan merelokasi kegiatan komersial ke gedung Palaguna yang juga sedang diperbaiki. Dikabarkan pula kota Bandung akan memiliki gedung pertunjukan seperti Esplanade di Singapura.

Jalur khusus sepeda juga sudah direncanakan sehingga para pengendara sepeda tidak terpinggirkan oleh kendaraan bermotor. Skywalk di Taman Sari bagi pejalan kaki dari Gelapnyawang ke ITB maupun ke Cihampelas. Trotoar yang bagus khusus bagi pejalan kali disiapkan di jalan Riau. Bandara Husein Sastranegara juga akan diperbesar 3 kali lipat.

Walaupun kota Bandung giat membangun menuju kota modern, setidaknya warna-warna tradisional budaya Sunda jangan sampai hilang dan tetap terpelihara sampai kapan pun. Aspirasi warga kota pun turut dilibatkan dalam membangun kota Bandung.

About bdgeuy

Bandung, euy! Adalah jargon urang Bandung yang menyiratkan perasaan bangga akan keindahan dan keramaian Kota Bandung, ibukota Jawa Barat atau Parijs van Java.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top