Welcome to my Bandung life journal

This is everyday portraits of Bandung. Please leave a comment if you like it. Thank you.

Home / Arsitektural / Bangunan Sudut Kota Bandung

Bangunan Sudut Kota Bandung

Kota Bandung benar-benar kaya akan bangunan-bangunan antik bergaya Art Deco. Dunia pun mengakuinya, sehingga Bandung ditempatkan pada urutan 9 pada daftar kota yang memiliki bangunan art deco terbanyak. Bandung tak ubahnya museum hidup gaya arsitektur tempo doeloe yang populer di tahun 20 sampai dengan 30-an.

Sayangnya kini beberapa bangunan-bangunan berusia tua tersebut berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Entah itu atapnya yang bocor karena lapuk dimakan usia, temboknya yang berlumut atau lantainya yang terkelupas. Padahal mungkin dahulunya bangunan tersebut indah dipandang dan mengundang decak kagum bagi yang memandang. Namun mungkin hal ini terjadi karena ketiadaan biaya dan pengenaan PBB yang cukup mahal, sehingga menjadi beban tersendiri bagi pemiliknya. Akhirnya jalan satu-satunya yang ditempuh adalah menjual bangunan tersebut kepada pemilik modal besar untuk kemudian digantikan dengan bangunan yang lebih modern.

Di Singapura, bangunan-bangunan tua justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, seperti yang terlihat di kawasan Chinatown.

IMG01457-20140602-1254 IMG01461-20140602-1322

About bdgeuy

Bandung, euy! Adalah jargon urang Bandung yang menyiratkan perasaan bangga akan keindahan dan keramaian Kota Bandung, ibukota Jawa Barat atau Parijs van Java.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top