Welcome to my Bandung life journal

This is everyday portraits of Bandung. Please leave a comment if you like it. Thank you.

Home / Catetan / Hidran Kota Bandung
Hidran Kota Bandung

Hidran Kota Bandung

Hidran merupakan salah satu sarana vital yang sangat membantu di saat terjadi kebakaran, namun keberadaannya di Kota Bandung sangat kurang dan tidak terawat. Dari hidran inilah mobil pemadam kebakaran memperoleh pasokan air  secara cepat untuk memadamkan api. Selama ini mobil pemadam hanya mendapatkan pasokan air dari 2 hidran yang berfungsi di Kota Bandung, yaitu di Jalan Supratman dan Dago.

Pada waktu terjadi kebakaran di Kings beberapa waktu yang lalu di sekitar tempat kejadian sebenarnya ada 10 hidran. Namun menurut berita, hanya 1 yang berfungsi. Hal ini pun diakui oleh pihak PDAM Bandung bahwa pasokan air ke hidran sering kosong.

Menurut standar bangunan yang berlaku, setiap bangunan apalagi pusat perbelanjaan harus memiliki sarana pemadam kebakaran seperti sprinkler, alat pemadam api ringan (Apar), hidran, penanda jalur evakuasi yang jelas dan lain-lain. Setiap bangunan juga harus diaudit kelayakannya berkaitan dengan pencegahan bahaya kebakaran secara berkala untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Berikut adalah foto-foto hidran di Singapura yang saya ambil pada awal Juni 2014 lalu.

hidran-sg

Hidran yang terdapat di tepi jalan yang penuh dengan ruko.

IMG01322-20140601-0935

Hidran di halaman Museum Asian Civilisation.

About bdgeuy

Bandung, euy! Adalah jargon urang Bandung yang menyiratkan perasaan bangga akan keindahan dan keramaian Kota Bandung, ibukota Jawa Barat atau Parijs van Java.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top