Welcome to my Bandung life journal

This is everyday portraits of Bandung. Please leave a comment if you like it. Thank you.

Home / Arsitektural / Menapaki Sejarah Kota Bandung di Grand Hotel Preanger

Menapaki Sejarah Kota Bandung di Grand Hotel Preanger

Preanger, sebuah nama yang tak asing di masyarakat, kalangan bisnis dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Ia adalah salah satu dari sedikit saksi sejarah berdirinya Kota Bandung yang masih eksis hingga saat ini. Oleh karena itu, untuk memperingati 10 tahun pernikahan, kami memutuskan untuk berlibur ke hotel legendaris ini.

Menginap di Prama Grand Preanger Bandung, kami serasa menelusuri sejarah masa lalu Kota Bandung. Hotel yang berdiri sejak tahun 1929 ini banyak menyimpan catatan yang menarik. Tak hanya gaya arsitektur art deco-nya nan menawan, namun juga kisahnya yang tersimpan rapi di sebuah ruang museum mungil di dalam hotel.

Titik 0 KM Kota Bandung dimana Daendels pernah menancapkan tongkatnya dan Post Weg atau Jalan Asia-Afrika merupakan atraksi wisata yang kami nikmati di sekitaran Prama Grand Preanger. Beberapa spot menarik kami jadikan sebagai tempat untuk berselfie ria, seperti bangku kayu di sepanjang jalan, plaza Pikiran Rakyat, hotel Savoy Homann, plaza Cikapundung, Gedung Merdeka, dan alun-alun.

Malam hari kami sempatkan untuk melihat-lihat kawasan tepian sungai Cikapundung yang kini diperindah dengan plaza dan air mancur berwarna-warni. Ramai juga oleh orang-orang yang memakai kostum superhero (cosplay), hello kitty, pikachu, pocong persib, dan lain-lain. Kami pun mampir untuk menikmati makan malam di sebuah restoran kecil di seberang plaza. Tak lupa saya membeli seikat bunga untuk sang istri.

Esoknya, sarapan pagi di Preanger sangat memuaskan dengan sajian berbagai menu tradisional maupun western. Kami bahkan bisa memesan nasi goreng, minum jamu, menikmati bubur ayam dan sebagainya. Setelah itu kami menuju kolam renang untuk bersantai dan bermain menghabiskan sisa waktu yang ada. Si sulung tak bisa menahan diri untuk meloncat dan berenang di air jernihnya. Saat kembali, si kecil pun tertawa riang saat memainkan angklung dengan suara khasnya.

About bdgeuy

Bandung, euy! Adalah jargon urang Bandung yang menyiratkan perasaan bangga akan keindahan dan keramaian Kota Bandung, ibukota Jawa Barat atau Parijs van Java.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top